Penulis Utama : Yoanna Destiana Widyaningsih
NIM / NIP : D0214104
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan e-commerce atau electronic commerce yang sedang disenangi oleh masyarakat Indonesia. Shopee merupakan salah satu dari sekian banyak e-commerce yang pada tahun 2017 menurut iPriceGroup menjadi e-commerce yang berada pada 10 besar sebagai e-commerce yang paling banyak dicari dan dikunjungi. Penggunaan Shopee dipengaruhi oleh motivasi atau keinginan yang nantinya akan mempengaruhi kepuasan si pengguna pula setelah menggunakan Shopee sebagai e-commerce yang dipilih. Hal tersebut yang membuat penulis ingin mengetahui apakah motivasi menggunakan Shopee akan mempengaruhi pola penggunaan medianya (aplikasi Shopee), dan apakah pola penggunaan media (aplikasi Shopee) akan mempengaruhi kepuasan menggunakan Shopee.
Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Teori Uses and Gratification merupakan teori yang membebaskan pengguna media untuk mencari kebutuhannya melalui media, pengguna media akan memilih media yang dapat memenuhi kebutuhannya. Media akan memberikan efek bagi penggunanya.
Metode penelitian ini adalah metode survei, yaitu metode penelitian yang dilakukan pada populasi besar ataupun kecil, akan tetapi data yang dipelajari merupakan data yang diambil dari sampel. Penelitian ini dilakukan pada followers akun Twitter @Womanfeeds dengan jumlah followers 80600. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling, dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 398. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan metode korelasi rank Spearman dengan tingkat signifikan sebesar 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara motivasi dengan pola penggunaan, antara pola penggunaan dengan kepuasan menunjukkan adanya hubungan walaupun mendapatkan nilai korelasi yang rendah. Antara variable motivasi dengan variabel pola penggunaan menunjukkan korelasi yang rendah tetapi pasti, dengan nilai korelasi 0.299 . Antara variabel pola penggunaan dengan kepuasan menunjukkan korelasi yang juga rendah tetapi pasti, dengan nilai korelasi 0.226. Hubungan antara variabel motivasi dengan variabel pola penggunaan positif begitu juga hubungan antara variabel pola penggunaan dengan variabel kepuasan juga positif.
Kata kunci : Uses and Gratification, Shopee, Twitter

 

×
Penulis Utama : Yoanna Destiana Widyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214104
Tahun : 2019
Judul : Motivasi, Pola Penggunaan Dan Kepuasan Menggunakan Shopee (Studi Korelasi Motivasi, Pola Penggunaan Dan Kepuasan Menggunakan Shopee Di Kalangan Followers Akun Twitter @Womanfeeds)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Program Studi Ilmu Komunikasi-D0214104-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.Sos., M.LMed.Hons
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.