Penulis Utama : Alifia Rachmawati
NIM / NIP : D1214005
×

Abstrak

Komunikasi masyarakat modern saat ini menyebabkan kebutuhan informasi semakin meningkat. Hal ini menjadikan kemajuan yang cukup signifikan dalam bidang teknologi. Berkat adanya internet, komunikasi dapat dilakukan dengan mudah karena media yang saat penting dan memiliki jaringan paling luas adalah internet. Dari adanya internet terciptalah beberapa media sosial, salah satunya adalah Youtube. Media sosial Youtube mempunyai konten Beauty Vlog, konten tersebut banyak dilihat oleh kalangan remaja. Maka dari itu adanya tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola penggunaan media sosial Youtube dalam konten beauty vlog di kalangan remaja mengetahui seberapa besar kepuasan yang diharapkan (gratification sought), mengetahui seberapa besar kepuasan yang diperoleh (gratification obatained), dan mengetahui kesenjangan kepuasan (gratification discrepancy) yang diperoleh remaja perempuan SMK Negeri 3 Bogor dalam konten beauty vlog.
Dalam penelitian ini, penulis meneliti mengenai kesenjangan kepuasan yang dimana teori yang dipakai adalah teori uses and gratification dari Palmgreen. Dalam teori uses and gratification tersebut, mengukur kesenjangan (discrepancy) antara kepuasan yang dicari (GS) dengan kepuasan yang diperoleh (GO) yang cocok digunakan dalam penelitian ini.
Metode penelitian yang dipakai, penulis menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswi SMK Negeri 3 Bogor. Dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling ditemukan sampel untuk dijadikan responden sebanyak 54 orang dari 117 orang. Teknik pengumpulan data adalah melakukan pengambilan data dengan menggunakan media kuesioner. Data dari hasil kuisioner kemudian dimasukkan ke dalam coding sheet secara manual dan diinterprestasikan. Sedangkan untuk mengetahui kesenjangan yang ada dihitung dengan menggunakan rumus discrepancy milik Palmgreen.
Berdasarkan hasil pengolahan data dari 14 item pertanyaan dalam penelitian ini hanya 3 item pertanyaan saja yang memenuhi kebutuhan responden, yaitu item-item mengetahui tempat dijualnya produk kosmetik dan alat tata rias yang digunakan oleh Vlogger sebesar 24%, item memperoleh inspirasi dalam merawat diri dan mengubah penampilan sebesar 23%, dan item memperoleh dan menemukan potensi diri melalui berbagai tips yang disajikan sebesar 25%. Tiga item ini merupakan item yang dapat memenuhi kebutuhan responden yang dimana ketiga item ini berdasarkan analisis kesenjangan kepuasan semakin tingkat kesenjangan semakin rendah maka media dapat memenuhi kebutuhan responden akan media tersebut, hal ini dapat dilihat dari ketiga item tersebut yang dimana ketiga item tersebut hasil presentasenya dibawah 30%, media tersebut mampu memuaskan responden.

Kata Kunci : Media Sosial, Konten Beauty Vlog, Kesenjangan Kepuasan

×
Penulis Utama : Alifia Rachmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214005
Tahun : 2017
Judul : Media Sosial dan Remaja (Studi Mengenai Kesenjangan Kepuasan Media Sosial Youtube dalam Konten Beauty Vlog di Kalangan Remaja Putri SMK Negeri 3 Bogor Tahun Ajar 2016/2017 )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1214005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati,S.Sos, MSi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.