Penulis Utama : Cantika Belliandara
NIM / NIP : D1215065
×

ABSTRAK
    Fenomena terorisme di Indonesia memiliki motif yang beragam. Motif yang paling sering didengar publik adalah alasan jihad dan aksi balas dendam. Akhir tahun 2016, publik dikejutkan dengan motif baru terorisme yaitu menggunakan perempuan sebagai calon ‘pengantin’. Terorisme dan media memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Oleh sebab itu menarik untuk mengetahui bagaimana terorisme dibingkai dalam berita karena salah satu kekuatan media adalah membentuk opini publik.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis framing dengan konsep Entman untuk mengetahui bagaimana Koran Tempo membingkai pemberitaan Bom Panci Istana  2016 pada periode 10-19 Desember 2016. Konsep Entman terdiri dari empat poin yang menjadi fokus utama penelitian ini, yaitu identifikasi masalah, penyebab masalah, pesan moral, dan rekomendasi penanggulangan.
Framing adalah metode untuk melihat bagaimana cara bercerita media atas suatu peristiwa. Berita yang disajikan dalam media adalah hasil konstruksi realitas bukan realitas itu sendiri. Melalui pemberitaan terorisme, kita dapat mengetahui bagaimana ideologi media memengaruhi cara media mengkontruksi realitas menjadi sebuah berita.
Melalui hasil penelitian ini, dapat diketahui bagaimana Koran Tempo mengkontruksi pemberitaan terorisme berlandaskan ideologi/visinya. Temuan dari penelitian ini yaitu Koran Tempo menonjolkan pemberitaan mengenai Bahrun Naim sebagai dalang dibalik rencana aksi teror bom panci istana 2016. Secara tidak langsung Koran Tempo mengajak pembaca untuk berpikir dan melihat apa/siapa dalang dibalik suatu peristiwa. Tidak hanya peristiwa itu sendiri, sehingga dapat berfokus pada penanganan yang tepat atas suatu masalah.
Kata Kunci: Analisis Framing, Konsep Entman, Konstruksi realitas, Terorisme

 

×
Penulis Utama : Cantika Belliandara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215065
Tahun : 2017
Judul : Terorisme dalam Bingkai Berita (Studi Analisis Framing Pemberitaan Bom Panci Istana dalam Koran Tempo Periode 10-19 Desember 2016)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D1215065-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ign. Agung Satyawan, S.E., S.IKom, M.Si, Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.