Penulis Utama : Endera Ayu Luviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212039
Tahun : 2017
Judul : Pemberitaan Sidang Pengadilan Dugaan Penistaan terhadap Agama di Media Cetak (Analisis Framing mengenai Pemberitaan Sidang Pengadilan Dugaan Penghinaan terhadap Surat Al-Maidah Ayat 51 oleh Basuki Tjahaja Purnama pada Koran Harian Republika Periode Desember 2016 – Mei 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS – FISIP, Prodi. Ilmu Komunikasi - D0212039- 2017
Subyek : FRAMING, MEDIA MASSA, MEDIA CETAK, AGAMA DAN MEDIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh BasukiTjahajaPurnama alias Ahok ini berawal dari kunjungannya ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, tanggal 27 September 2016. Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta kala itu menyampaikan program kerja mengenai budi daya ikan kerapu. Namun, disela-sela pidatonya, Ahok memberikan pernyataan yang menyinggung isi dari kitab suci Al-Quran, khususnya surat Al-Maidah ayat 51. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam tentu saja hal ini menimbulkan berbagai gejolak di masyarakat. Media juga tak luput memberitakan. Setiap media memiliki bingkai masing-masing dalam memandang kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pemberitaan media mengenai sidang dugaan penistaan kitab suci Al-Quran yang dilakukan oleh Ahok pada Koran Harian Republika dan untuk menjelaskan makna framing yang dibentuk dari media tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis media yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan analisis framing model Robert N. Entman yang menggunakan empat elemen, yaitu define problem, diagnose cause, make moral judgement, dan treatment recommendation.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat pembingkaian dalam pemberitaan sidang dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam Koran Harian Republika. Pembingkaian yang dibuat oleh Republika berdasarkan pada dua ideologi yang ada di dalam pemberitaan, yaitu ideologi Islam dan ideologi pasar. Berdasarkan pada ideologi tersebut, sesuai dengan Republika yang merupakan salah satu perusahaan media Islam di Indonesia, maka Republika mengambil sikap kontra dengan Ahok dan mendukung penahanan Ahok di dalam pemberitaannya.
Kata kunci: framing, media massa, media cetak, agama dan media

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi_08.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP