Penulis Utama : Rohmana Kurniandari
NIM / NIP : D1215048
×

ABSTRAK

Berita tentang konflik pabrik semen Kendeng banyak mewarnai pemberitaan di media massa sejak awal konflik tersebut terjadi. Media massa mengkonstruksi konflik pabrik semen di Pegunungan Kendeng dengan berbagai sudut pandang dan tidak jarang menunjukkan keberpihakan pada salah satu pihak. Berbagai pro dan kontra masyarakat dalam menyikapi konflik tersebut tidak terlepas dari peranan media massa dalam mengkonstruksinya. Pemerintah mengambil peran sebagai penengah dan mengambil keputusan atas konflik yang terjadi.
Kompas sebagai salah satu media cetak nasional juga turut memberitakan polemik pabrik semen di Pegunungan Kendeng. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Harian Umum Kompas periode Desember 2016 – April 2017 dalam membingkai pemberitaan pabrik semen di Pegunungan Kendeng.
Metode yang digunakan yaitu analisis framing model Robert N. Entman dengan elemen-elemen yang dimiliki seperti define problem, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation untuk melihat bagaimana peristiwa konflik pabrik semen di Pegunungan Kendeng dimaknai oleh wartawan dan menunjukkan keberpihakan serta ideologi yang digunakannya.
Ada tiga kategori yang digunakan untuk melihat konstruksi media oleh Kompas yaitu aksi perjuangan warga Kendeng, kajian lingkungan hidup, dan sikap pemerintah. Dari ketiga kategori tersebut didapatkan hasil bahwa media cetak nasional Kompas menunjukkan keberpihakannya kepada isu kelestarian lingkungan dan cenderung memberikan porsi lebih dominan kepada salah satu pihak yang berkonflik, yaitu masyarakat penolak pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.
Kata Kunci : Konstruksi Media, Media Cetak, Analisis Framing, Pabrik Semen Kendeng

 

×
Penulis Utama : Rohmana Kurniandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215048
Tahun : 2017
Judul : Konstruksi Media dalam Pemberitaan Pabrik Semen di Pegunungan Kendeng (Analisis Framing Tentang Pemberitaan Pabrik Semen di Pegunungan Kendeng, Kabupaten Rembang dalam Harian Umum KOMPAS Periode Desember 2016 - April 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS FISIP Prod. Ilmu Komunikasi-D1215048-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mahfud Anshori, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.