Penulis Utama : Firdha Trisliana
NIM / NIP : D0212043
×

ABSTRAK

Media massa memiliki peranan yang sangat vital dalam kehidupan politik di masa sekarang dan dapat menjadi faktor pendorong terjadinya perubahan politik, karena memiliki kekuatan untuk membentuk budaya dan wacana politik. Salah satunya pemberitaan mengenai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tahun 2017, yaitu isu deparpolisasi atas majunya Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang memilih jalur perseorangan atau jalur independen. Deparpolisasi dinilai sebagai upaya disengaja atau tidak disengaja mengurangi, atau bahkan menihilkan peran partai politik dalam demokrasi. Peneliti memilih menganalisis pemberitaan pada Harian Media Indonesia karena kecenderungannya dalam pemberitaan tentang isu deparpolisasi “Teman Ahok” dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2017 dipengaruhi peran pemilik saham Harian Media Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas peristiwa atau pembingkaian berita pada Harian Media Indonsesia terkait pemberitaan isu deparpolisasi Teman Ahok dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu analisis teks dengan metode framing. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan model dari Robert N. Entman, yang menggunakan empat elemen, yaitu define problem, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa: Media Indonesia mengkonstruksi bahwa pencalonan secara independen tidak berpengaruh pada deparpolisasi.
Kata Kunci: Framing, Konstruksi Realitas Media, Media Massa, Media Cetak.

 

×
Penulis Utama : Firdha Trisliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212043
Tahun : 2017
Judul : Pemberitaan Tentang Isu Deparpolisasi Pilgub Dki Jakarta di Media Cetak (Analisis Framing Pemberitaan tentang isu Deparpolisasi Teman Ahok dalam Pilgub DKI Jakarta Tahun 2017 pada Harian Media Indonesia Periode Maret 2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prodi. Ilmu Komunikasi - D0212043- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mursito, S.U.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.