Penulis Utama : Dewi Rama Dhani Putri
NIM / NIP : C0915015
×

Drupadi merupakan salah satu tokoh dalam pewayangan Mahabarata yang memakai busana sederhana, yang memiliki filosofi didalamnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana simbol dan makna dalam busana wayang kulit tokoh Drupadi Gagrak Surakarta? (2) Bagaimana daya dalam busana wayang kulit tokoh Drupadi Gagrak Surakarta?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan Estetika melalui simbol, makna, daya dari Agus Sachari. Lokasi penelitian dilakukan di kota Surakarta. Berfokus pada analisis simbol makna daya yang ada pada busana wayang kulit Purwa Dewi Drupadi masa dewasa gagrak Surakarta. Melalui pemahaman tersebut, akan menyingkap simbol makna dan daya yang berkaitan dengan jalan hidup dan kebudayaan masyarakat Jawa melingkupinya.
Hasil dari penelitian ini adalah Busana Drupadi masa dewasa wayang kulit purwa gagrak Surakarta bentuk busananya meliputi Gelung Keling, Sumping Waderan, Rambut Gendhong, Jamang Sada Saeler, Kemben, Dodot, Samparan, Cincin Sesupe Tajuk. Simbol, makna dan daya dari busana Drupadi masa dewasa wayang kulit purwa gagrak Surakarta pada hakekatnya merupakan perlambangan dari seorang wanita Jawa yang sederhana.

Kata Kunci: Busana Drupadi, Wayang Kulit Purwa, Estetika

×
Penulis Utama : Dewi Rama Dhani Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0915015
Tahun : 2019
Judul : Kajian busana tokoh Drupadi wayang kulit Purwa Gagrak Surakarta dengan pendekatan estetika
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain Jur. Kriya Tekstil-C.0915015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adji Isworo Josef, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.