Penulis Utama : Alfiyatu Rahmawatiningrum
NIM / NIP : S851702002
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) ditinjau dari gaya kognitif visualizer kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta; 2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) ditinjau dari gaya kognitif verbalizer kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri atas 6 siswa dari kelas VIII G SMP Negeri 1 Surakarta. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes gaya kognitif visualizer dan verbalizer dengan angket Visualizer-Verbalizer Questionnaire (VVQ). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) subjek visualizer mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi dengan lebih baik pada masalah HOTS materi bangun datar yang disajikan dengan gambar daripada masalah HOTS yang disajikan dengan teks saja. Hal itu disebabkan subjek visualizer mampu memahami gambar dengan baik 2) subjek verbalizer memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menganalisis dan mengevaluasi masalah HOTS materi bangun datar yang disajikan dengan teks daripada masalah HOTS yang disajikan dengan gambar. Hal itu disebabkan subjek verbalizer mengalami kesulitan dalam memahami gambar. Subjek verbalizer tidak mampu  mengkreasi dalam menyelesaikan soal HOTS yang disajikan dengan teks maupun gambar. 

Kata Kunci : kemampuan pemecahan masalah, HOTS, gaya kognitif visualizer dan verbalizer

×
Penulis Utama : Alfiyatu Rahmawatiningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851702002
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Surakarta Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851702002-2020
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.