Penulis Utama : Landyasari Riffyanti
NIM / NIP : K1313040
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik, model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) atau model pembelajaran langsung pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel); (2) untuk mengetahui gaya belajar siswa manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik, gaya belajar auditorial, visual, atau kinestetik pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel); (3) untuk mengetahui pada masing-masing model pembelajaran, gaya belajar manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik, gaya belajar auditorial, visual, atau kinestetik pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel); (4) untuk mengetahui pada masing-masing gaya belajar siswa, model manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik, model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) atau model pembelajaran langsung pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel).
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surakarta tahun ajaran 2017/ 2018, yang terdiri dari delapan kelas dengan banyaknya siswa 224. Sampel yang digunakan yaitu dua kelas, kelas VIII G sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas tersebut adalah 28 siswa dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa kelas tersebut adalah 28 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 2 Baki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa nilai Ulangan Tengah Semester 1, metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) dan metode angket untuk gaya belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel); (2) siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa dengan gaya belajar kinestetik dan auditorial pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel); (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar kinestetik
ix
mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa gaya belajar auditorial dan visual pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel); (4) pada masing-masing kategori gaya belajar, pembelajaran dengan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel).
Kata kunci: model TSTS (Two Stay Two Stray), gaya belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

×
Penulis Utama : Landyasari Riffyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313040
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP NegerI 20 Surakarta tahun ajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K1313040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M. Sc.
2. Dyah Ratri Aryuna, S. Pd., M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.