Penulis Utama : Wahyu Sulistiyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115062
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas Management Qolbu untuk Mereduksi Perilaku Agresif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jaten Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3115062-2019
Subyek : MANAGEMENT, QOLBU, PERILAKU AGRESIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk menguji keefektifan management qolbu untuk  mereduksi perilaku agresif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Jaten tahun ajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan metode eksperimen yaitu single case experimental design dengan rancangan penelitian adalah desain A-B. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah tiga siswa laki-laki kelas VII SMP Negeri 1 Jaten. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, instrumen pedoman observasi perilaku agresif dan lembar observasi frekuensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif perbedaan presentase, split midlle technique dan analisis klinis yaitu metode evaluasi subjektif oleh significant other.

 
Hasil analisis data menunjukan bahwa  ketiga subjek mengalami  Perubahan subjek MFP ditunjukkan dengan adanya perubahan pada jumlah frekuensi yaitu rata-rata jumlah frekuensi  saat baseline  adalah ±9 kali menjadi ±4 kali pada intervensi. Sedangkan hasil perubahan presentase sebelum dan sesudah intervensi yaitu -55,6?n analisis split middle technique terdapat perubahan slope pada subjek MFP 2,70 dan perubahan level 2,9. Subjek BSK dengan perubahan pada jumlah frekuensi yaitu rata-rata jumlah frekuensi  saat baseline adalah ±11 kali menjadi ±3 kali pada intervensi. Sedangkan hasil perubahan presentase sebelum dan sesudah intervensi yaitu -60.1?n berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis split middle technique terdapat perubahan slope pada subjek BSK 1,83 dan perubahan level 3,14. Selanjutnya subjek ADM ditunjukkan dengan perubahan pada jumlah frekuensi yaitu rata-rata jumlah frekuensi  saat baseline  adalah ±9 kali menjadi ±3 kali pada intervensi. Sedangkan hasil perubahan presentase sebelum dan sesudah intervensi yaitu -51,6?n berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis split middle technique terdapat perubahan slope pada subjek ADM 1,8 dan perubahan level 4. Berdasarkan hasil analisis klinis oleh significant other menjelaskan bahwa perilaku agresif subjek mengalami perubahan yaitu menurun. Hal ini dibuktikan dengan usaha ketiga ketiga yang berusaha untuk tidak melakukan perilaku agresif didalam dan luar lingkungan sekolah. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa managenemt qolbu  efektif untuk mereduksi perilaku agresif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jaten tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil tersebut, Diharapkan Management Qolbu dapat di kembangkan oleh peneliti-peneliti selanjutnya supaya menjadi lebih berkembang lagi.

Kata kunci: management, qolbu, perilaku agresif

 

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER .pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
WAHYU SULISTIYONO.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Asrowi, M.Pd
2. Rian Rokhmad Hidayat, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP