Penulis Utama : Nadia Devina Arya Putri
NIM / NIP : S041608011
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kondisi hasil belajar matematika anak lambat belajar kelas IV sekolah dasar inklusi, (2) memperoleh prosedur pengembangan media pembelajaran matematika realistik berbasis game untuk meningkatkan hasil belajar matematika anak lambat belajar kelas IV sekolah dasar inklusi, dan (3) menguji efektivitas pengembangan media pembelajaran matematika realistik berbasis game dalam meningkatkan hasil belajar anak lambat belajar kelas IV sekolah dasar inklusi.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Responden pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu responden uji coba awal sebanyak 6 orang validator, responden uji coba lapangan utama skala terbatas sebanyak 2 orang guru, dan subjek uji coba lapangan operasional sebanyak 12 anak lambat belajar kelas IV di sekolah inklusi SDN Bromantakan, SDN Pajang 1, SDN Kartodipuran, dan SDN Manahan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji coba lapangan operasional menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika anak lambat belajar masih rendah dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang efektif, (2) kelayakan media pembelajaran matematika realistik berbasis game bagi anak lambat belajar di sekolah inklusi termasuk kategori sangat layak berdasarkan penilaian dari para validator, dan (3) media pembelajaran matematika realistik berbasis game efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada anak lambat belajar di sekolah inklusi. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai pretest dan posttest yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan, serta perolehan p-hitung sebesar 0,002 yang berarti lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi (0,05). Penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran matematika realistik berbasis game efektif untuk meningkatkan hasil belajar anak lambat belajar di sekolah inklusi.
Kata kunci: media pembelajaran matematika realistik, hasil belajar anak lambat belajar, sekolah inklusi

×
Penulis Utama : Nadia Devina Arya Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041608011
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Lambat Belajar Kelas IV Sekolah Dasar Inklusi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Magister Pendidikan Luar Biasa-S041608011-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.
2. Dr. Siti Sutarmi Fadhilah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.