Penulis Utama : Zahra Fizty Febriadina
NIM / NIP : S841608025
×

Abstrak
Kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran di kelas merupakan peristiwa yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesantunan berbahasa guru-siswa dalam interaksi pembelajaran; (2) bentuk kesantunan berbahasa siswa-guru dalam interaksi pembelajaran; (3) bentuk kesantunan berbahasa siswa-siswa dalam interaksi pembelajaran; dan (4) bentuk kebahasaan guru dan siswa dalam interaksi
pembelajaran di kelas XI SMK Negeri 1 Plupuh Sragen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data lisan, yaitu berupa tuturan guru-siswa, siswa-guru, dan siswa-siswa yang mencerminkan kesantunan berbahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, teknik simak bebas libat cakap (SBLC), wawancara, dan transkripsi data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesantunan berbahasa gurusiswa memanfaatkan empat strategi kesantunan negatif, yaitu strategi 1, strategi 2, strategi 4, dan strategi 7; (2) kesantunan berbahasa siswa-guru memanfaatkan dua strategi kesantunan negatif, yaitu strategi 2 dan 6; (3) kesantunan berbahasa siswa-siswa memanfaatkan lima strategi kesantunan negatif, yaitu strategi 1, strategi 2, strategi 3, strategi 4, dan strategi 6; dan (4) bentuk kebahasaan yang digunakan guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran meliputi penggunaan sapaan, penggunaan alih kode dan campur kode, dan penggunaan majas ironi.

Kata kunci: kesantunan berbahasa, interaksi pembelajaran, strategi kesantunan
negatif Brown Levinson, Sekolah Menengah Kejuruan.
 
 

 

 

 

 

 

×
Penulis Utama : Zahra Fizty Febriadina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841608025
Tahun : 2018
Judul : Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMK Negeri 1 Plupuh Sragen.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pascasarjana Prog. Pend Bahasa Indonesia-S841608025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.,
2. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.