Penulis Utama : Monica Bella Evangelina
NIM / NIP : G0016147
×

Latar Belakang: Palsi serebral merupakan penyebab paling umum disfungsi motorik pada anak. Cedera otak yang menyebabkan kelainan palsi serebral  dapat terjadi pada masa pranatal, perinatal, atau pada tiga tahun pertama kehidupan anak. Perubahan pada otak dapat berkembang menjadi faktor risiko terjadinya epilepsi. Oleh karena itu, anak dengan palsi serebral dapat memiliki prognosis buruk yang mempengaruhi kualitas hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia awitan palsi serebral dan kejadian epilepsi terhadap kualitas hidup anak dengan palsi serebral.

Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional yang dilakukan Bulan Agustus sampai Oktober 2019. Penelitian dilakukan pada pasien anak dengan palsi serebral usia 2-18 tahun di poli anak RSUD Dr. Moewardi. Metode pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan kuesioner PedsQL 3.0 dan didapatkan 46 responden. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji korelasi Spearman, uji Chi-Square, dan uji regresi linier berganda.

Hasil: Dari hasil uji Spearman, pada semua domain kualitas hidup didapatkan nilai p > 0,05. Maka, usia awitan palsi serebral tidak berpengaruh terhadap kualitas hidup anak. Lalu pada uji Chi-square didapatkan nilai p = 0,049 (p < 0>

Simpulan: Usia awitan palsi serebral tidak berpengaruh terhadap kualitas hidup anak dengan palsi serebral pada semua domain. Sedangkan, kejadian epilepsi berhubungan dengan kualitas hidup anak pada domain rasa sakit.

Kata Kunci : Palsi Serebral, Kualitas Hidup, Usia Awitan, Kejadian Epilepsi

×
Penulis Utama : Monica Bella Evangelina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016147
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Usia Awitan Palsi Serebral dan Kejadian Epilepsi terhadap Kualitas Hidup Anak dengan Palsi Serebral di RSUD dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0016147-2020
Kata Kunci : Palsi Serebral, Kualitas Hidup, Usia Awitan, Kejadian Epilepsi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fadhilah Tia Nur, dr., Sp.A(K), M.Kes.
2. dr. Bulan Kakanita Hermasari, M.Med.Ed.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.