Penulis Utama : Putri Ekayani
NIM / NIP : K1213057
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik yang terkandung dalam novel, (2) karakteristik kejiwaan tokoh utama, (3) nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel, dan (4) relevansinya dengan materi pembelajaran sastra di SMK.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi yang dilakukan selama enam bulan, terhitung sejak bulan November 2016 hingga April 2017. Sumber data berasal dari teks novel Kuantar ke Gerbang dan hasil wawancara sastrawan/dosen, guru, dan siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen, yaitu:(1) reduksi data; (2) sajian data; dan (3) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Novel Kuantar ke Gerbang memiliki kelengkapan unsur intrinsik yang terdiri atas 6 unsur, yaitu: tema, penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat; (2) Karakteristik kejiwaan pada tokoh utama dalam novel Kuantar ke Gerbang dapat dipahami melalui teori Sigmund Freud (id, ego, superego) yang mampu dipengaruhi oleh faktor dalam maupun faktor luar; (3) Terdapat 15 nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Kuantar ke Gerbang, yaitu: religius, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan (4) Novel Kuantar ke Gerbang relevan dengan materi pembelajaran sastra di SMK karena banyak memberikan pesan moral.

 

×
Penulis Utama : Putri Ekayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213057
Tahun : 2017
Judul : Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakternovel Kuantar Ke Gerbang Karya Ramadhan K.H. Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
2. Budi Waluyo,S.S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.