Penulis Utama : Ainidya Marhaenita Kinanti
NIM / NIP : K1215003
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) struktur novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari; (2) aspek kejiwaan tokoh utama dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari berdasarkan teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow; (3) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari; (4) relevansi kajian psikologi sastra novel Mata di Tanah Melus dengan pembelajaran sastra di sekolah menengah pertama.  
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra untuk mendeskripsikan aspek kejiwaan tokoh utama dalam novel. Sumber data penelitian ini adalah novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu noninteraktif. Teknik ini dilakukan dengan melakukan pembacaan secara intensif dan melakukan pencatatan secara aktif dengan motede analisis isi. Validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data.  
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) struktur novel yang terdapat dalam novel Mata di Tanah Melus antara lain tema, tokoh dan penokohan, alur, latar; (2) kebutuhan bertingkat yang sudah dipenuhi dengan baik oleh tokoh utama yaitu kebutuhan fisiologis. Kebutuhan rasa aman, kebutuhan dicintai dan memiliki, kebutuhan penghargaan tokoh Matara belum tercukupi dengan baik. Kebutuhan aktualisasi diri belum dapat tercapai karena kebutuhan di tingkat yang lebih rendah belum tercukupi; (3) nilai pendidikan karakter yang paling dominan dalam novel ini yaitu rasa ingin tahu. Karakter tersebut tercermin dari perilaku Matara yang selalu ingin tahu tentang sejarah dan budaya Belu;  (4) Novel ini dapat direlevansikan dengan materi pembelajaran sastra di SMP.
Kata kunci : psikologi sastra, teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow, novel Mata di Tanah Melus, pembelajaran sastra

 

×
Penulis Utama : Ainidya Marhaenita Kinanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215003
Tahun : 2019
Judul : Aspek Kejiwaan Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M. Pd.
2. Prof. Dr. Suyitno, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.