Penulis Utama : Shinta Wardani
NIM / NIP : K1215043
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) jenis-jenis kesalahan Berbahasa pada soal, (2) penyebab kesalahan berbahasa pada soal, (3) efek komunikasi yang ditimbulkan akibat kesalahan berbahasa pada soal Penilaian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri Di Wilayah Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019, (4) pemahaman guru terhadap kaidah penyusunan soal, dan (5) ketepatan penyusunan soal Penilaian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri di wilayah Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019 berdasarkan kaidah penyusunan soal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, dan informan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling untuk dokumen dan snowball sampling untuk informan. Peneliti menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Digunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode sebagai uji validitas data.
Hasil analisis temuan dan pembahasan dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, kesalahan berbahasa pada soal Penilaian Akhir Semester berupa kesalahan ejaan, kata, dan kalimat. Kedua, kesalahan berbahasa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa kurang memahami kaidah kebahasaan, kurangnya ketelitian dalam menyusun soal, kebiasaan mengandalkan tim editing, dan kebiasaan menyalin soal. Faktor eksternal berupa kesalahan bahasa lain, rentang waktu yang singkat, dan tidak ada evaluasi. Ketiga, kesalahan berbahasa menimbulkan efek komunikasi yang signifikan karena peserta didik merasa kesulitan dalam memahami maksud soal. Keempat, guru kurang memahami kaidah penyusunan soal baik secara teori maupun praktik. Kelima, Kaidah penyusunan soal yang terdapat dalam soal Penilaian Akhir Semester gasal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri di wilayah Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019 belum sepenuhnya menggunakan kaidah penyusunan soal yang sedang berlaku baik dari aspek materi dan aspek konstruksi.  
Kata kunci: kesalahan berbahasa Indonesia, soal penilaian akhir semester, kaidah penyusunan soal.

 

×
Penulis Utama : Shinta Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215043
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kesalahan Berbahasa pada Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri di Wilayah Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215043-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Sri Hastuti S.S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.