Penulis Utama : Nurmalita Amanda Nasution
NIM / NIP : K4517032
×

Nurmalita Amanda Nasution. ANALISIS ASPEK KOMPETENSI DAN PENGETAHUAN LITERASI SAINS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER IPA KELAS 7 DAN 8 DI SMPN 1 SUKOHARJO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2022.

Revolusi industri 4.0 mengharuskan untuk menguasai keterampilan abad 21. Penguasaan keterampilan abad 21 salah satunya dengan penguasaan IPTEK. Penguasaan IPTEK oleh siswa memberikan dampak agar dapat menghadapi tantangan masa depan. Penguasaan IPTEK berkaitan dengan penguasaan literasi sains siswa dalam menyelesaikan permasalahan, namun di Indonesia penguasaan literasi sains masih rendah salah satunya rendahnya penerapan literasi sains pada soal-soal yang merupakan fungsi awal siswa dapat menyelesaikan permasalahan secara dasar.  Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis aspek kompetensi dan pengetahuan literasi sains pada soal penilaian akhir semester genap IPA tahun 2020/2021 kelas 7 dan 8 SMPN 1 Sukoharjo.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan dari bulan September 2021 hingga Maret 2022. Penelitian ini menggunakan soal penilaian akhir semester genap IPA tahun 2020/2021 kelas 7 dan 8 untuk dianalisis pada aspek kompetensi dan pengetahuan literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles & Huberman dengan menggunakan seluruh sampel soal penilaian akhir semester genap IPA kelas 7 dan 8 SMPN 1 Sukoharjo melalui teknik purposive sampling.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa soal penilaian akhir semester IPA genap memiliki rata-rata persentase aspek kompetensi dan pengetahuan setiap skor pada kelas 7 dan 8 di atas 65%. Hasil dari analisis tidak semua soal yang dibuat oleh tim MGMP IPA SMP menerapkan aspek kompetensi dan pengetahuan literasi sains khususnya pada soal kelas 7 yang mendapatkan lebih sedikit skor 3 dari soal kelas 8. Penelitian ini diharapkan menjadi evaluasi terhadap guru maupun sekolah agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran pada literasi sains dan penerapan literasi sains pada pembelajaran dan pembuatan soal penilaian semester.

×
Penulis Utama : Nurmalita Amanda Nasution
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4517032
Tahun : 2022
Judul : Analisis Aspek Kompetensi dan Pengetahuan Literasi Sains pada Soal Penilaian Akhir Semester IPA Kelas 7 dan 8 di SMPN 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata Kunci: Literasi Sains, Aspek Kompetensi, Aspek Pengetahuan, Analisis Soal Penilaian Akhir Semester
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riezky Maya Probosari, S.Si., M.Si.
2. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc.
2. Dr. Endang Susilowati, S.Si., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.