Penulis Utama : Ana Nurjanah
NIM / NIP : K7715005
×

 

Tujuan studi ini adalah memperoleh bukti empiris tentang: 1) hubungan kondusifitas lingkungan belajar dengan prestasi belajar akuntansi; 2) hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar akuntansi; dan 3) hubungan kondusifitas lingkungan belajar dan motivasi berprestasi secara simultan dengan prestasi belajar akuntasi.
Studi ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif. Studi ini diterapkan kepada siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK Negeri 1 Sukoharjo dengan jumlah populasi sebanyak 104 siswa. Sampel sebanyak 83 siswa diambil dengan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui angket dan dokumentasi. Keabsahan instrumen penelitian diperoleh melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh diperlakukan secara statistik dengan bantuan software SPSS versi 16. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis Korelasi Product Moment.
Hasil studi menunjukkan: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondusifitas lingkungan belajar dengan prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo (r = 0,364, sig = 0,001); 2) terdapat hubungan positif dan tidak signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo r = 0,279, sig = 0,11; dan 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondusifitas lingkungan belajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo (r = 0,413, sig = 0,001).

Kata Kunci : Kondusifitas lingkungan belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar akuntansi

×
Penulis Utama : Ana Nurjanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7715005
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Kondusifitas Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7715005-2019
Kata Kunci : Kondusifitas lingkungan belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar akuntansi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.
2. Nurhasan Hamidi, S.E., M.Sc., Ak., CA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.