Penulis Utama : Linnasif Sari Dewi
NIM / NIP : K4310048
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa melalui penerapan model Discovery Learning disertai modifikasi Dialog Socrates di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Setiap Siklus terdiri dari tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Data penelitian diperoleh dari keseluruhan pertanyaan yang diajukan siswa meliputi kuantitas dan kualitasnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan model spiral yang saling terkait, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning disertai modifikasi Dialog Socrates di kelas XI MIA 2 meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa. Kuantitas dan kualitas pertanyaan dari Pra-Siklus hingga Siklus 2 mengalami peningkatan. Kuantitas pertanyaan pada Siklus 1 sebesar 67 pertanyaan dan Siklus 2 sebesar 71 pertanyaan. Kualitas pertanyaan pada Siklus 1 sebesar 62,5 % dan Siklus 2 sebesar 75 %.  
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning disertai modifikasi Dialog Socrates dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/ 2016.
 
Kata kunci: pertanyaan, discovery learning, dialog socrates

 

×
Penulis Utama : Linnasif Sari Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4310048
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Pertanyaan Melalui Penerapan Model Discovery Learning Disertai Modifikasi Dialog Socrates Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 8 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4310048-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yudi Rinanto, M.P.
2. Dr. Suciati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.