Penulis Utama : Umar Al Amin
NIM / NIP : K5615074
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model latihan pukulan lurus (jab and straight) pada atlet tinju Sasana Tinju On Fire Indonesia.
 Penelitian ini mengacu pada model pengembangan  Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahap: 1) Research and information collecting, 2) Planning, 3) Develop preliminary form of product 4) Preliminary field testing, (5) Main product revision, (6) Main field testing,(7) Operational product revision. Subyek  pengembangan untuk kelayakan model latihan jab and straight divalidasi oleh ahli akademisi beladiri dan ahli praktisi tinju. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar observasi, dan wawancara. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data tentang hasil observasi, wawancara, serta saran saat validasi dan ujicoba produk terhadap kelayakan model latihan jab and straight. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari penilaian hasil validasi model latihan jab and straight, penilaian angket pada ujicoba skala kecil, ujicoba skala luas.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil evaluasi ahli tinju untuk data kuantitatif berupa hasil persentase yaitu 95?ri ahli akademisi beladiri, dan 96,5?ri ahli praktisi tinju yang menunjukkan produk sangat baik, (2) Hasil persentase dari ujicoba skala kecil sebesar 92% dan skala besar sebesar 86%, sehingga bisa diinterpretasikan bahwa produk pengembangan model latihan pukulan lurus (jab and straight) dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan pada olahraga tinju.
Simpulan dari penelitian ini adalah 9 model latihan pukulan lurus (jab and straight)  yang sudah melalui tahap ujicoba dan evaluasi ahli tersebut bisa digunakan untuk referensi latihan pukulan lurus (jab and straight).

Kata Kunci : Model Latihan Tinju, Jab and Straight

×
Penulis Utama : Umar Al Amin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615074
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Model Latihan Pukulan Lurus (Jab And Straight) Olahraga Tinju pada Sasana Tinju on Fire Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5615074-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanta, M.Pd.
2. Dr. Islahuzzaman N, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.