Penulis Utama : Atika Setiyo Praptami
NIM / NIP : K1215010
×

Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) bentuk psikologi humanistik yang terdapat dalam novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana; (2) wujud nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana; dan (3) relevansi novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana sebagai bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Pendekatan psikologi sastra digunakan untuk menganalisis bentuk psikologi humanistik dalam novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis dokumen dan wawancara. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model air.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) bentuk psikologi humanistik dalam novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana berkenaan dengan teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow yang meliputi kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan untuk dicintai atau mencintai, kebutuhan untuk dihargai dan kebutuhan aktualisasi diri; (2) wujud nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana meliputi nilai religius, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan (3) novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana dapat digunakan sebagai bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas.


Kata kunci: psikologi humanistik, nilai pendidikan karakter, bahan ajar sastra

 

×
Penulis Utama : Atika Setiyo Praptami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215010
Tahun : 2019
Judul : Analisis Psikologi Humanistik dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Lengking Burung Kasuari Karya Nunuk Y. Kusmiana serta Relevansi Novel Tersebut sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215010-2019
Kata Kunci : psikologi humanistik, nilai pendidikan karakter, bahan ajar sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.