Penulis Utama : Moh. Syawal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415036
Tahun : 2020
Judul : Pemikiran Politik Pers Mahasiswa Pabelan Tahun 1994-1998 dan Relevansinya dengan Materi Pembelajaran Sejarah Indonesia Mutakhir
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Program Studi Pendidikan Sejarah-K4415036-2020
Subyek : PEMIKIRAN POLITIK, PERS MAHASISWA, SEJARAH INDONESIA MUTAKHIR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Aliran pemikiran politik pers mahasiswa Pabelan pada tahun 1994-1998. (2) Kontribusi pemikiran politik mahasiswa pers Pabelan tahun 1994-1998 dalam pembentukan opini publik. (3) Relevansi pemikiran politik pers mahasiswa Pabelan tahun 1994-1998 dengan materi pembelajaran Sejarah Indonesia Mutakhir.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumen dan wawancara informan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis historis dengan pendekatan multidimensional meliputi ilmu sosiologi dan ilmu politik.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: (1) Terdapat empat aliran pemikiran politik pers mahasiswa Pabelan pada tahun 1994-1998 yaitu Aliran Demokrasi, Islam, Sosialisme, dan Reformasi. (2) Persentase kontribusi pemikiran politik mahasiswa dalam pers Pabelan adalah 30-33% (Majalah Pabelan) dan 14-16% (Pabelan Pos) yang didominasi oleh mahasiswa Fakultas Agama Islam. Terbitan pers Pabelan berpusat di wilayah Surakarta dan disebarluaskan di kampus negeri ataupun kampus swasta di Indonesia. Pembentukan opini publik diwujudkan dengan kegiatan jajak pendapat terkait suksesi kepemimpinan di Surakarta pada tahun 1998. (3) Terdapat relevansi antara pemikiran politik pers mahasiswa Pabelan tahun 1994-1998 dengan pembelajaran Sejarah Indonesia Mutakhir, terutama pada materi pokok budaya politik orde baru dan pembredelan pers.

Kata kunci: Pemikiran Politik, Pers Mahasiswa, Sejarah Indonesia Mutakhir

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutiyah M.Pd., M.Hum
2. Drs. Tri Yuniyanto M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP