Penulis Utama : Anisa Katulistiwa
NIM / NIP : K4411010
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Surakarta berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan proses belajar mengajar. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan model spiral.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dari hasil angket motivasi belajar pada prasiklus sebesar 65,81% meningkat menjadi 77,25% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 87,87%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dari hasil tes kognitif pada prasiklus sebesar 43% meningkat menjadi 64% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 84%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : model TSTS, motivasi belajar, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Anisa Katulistiwa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411010
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-KK4411010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leo Agung S., M.Pd.
2. Drs. Tri Yuniyanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.