Penulis Utama : Rizqi Anisa Lutfiyah
NIM / NIP : K1315043
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang disebut Research and Development (R&D). Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi. Model 4D meliputi empat tahap, yaitu define – design – develop – disseminate. Tahap define meliputi analisis kebutuhan seperti analisis awal–akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Hasil pada tahap define menjadi patokan untuk merancang bahan ajar di tahap design. Dalam upaya mendapatkan hasil pengembangan modul yang valid dilakukan kuisioner pada validasi ahli untuk memperoleh data berupa skor kevalidan bahan ajar beserta komentar dan saran perbaikan (tahap develop). Dalam upaya untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar dilakukan kuisioner untuk memperoleh data skor respon siswa. Dalam upaya untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dilakukan Tes Prestasi Belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dalam uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektivitas.
Kata kunci: Research and Development (R&D), bahan ajar, HOTS

 

×
Penulis Utama : Rizqi Anisa Lutfiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315043
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Matematika-K1315043-2019
Kata Kunci : Research and Development (R&D), bahan ajar, HOTS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.,
2. Yemi Kuswardi, S.Si, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.