Penulis Utama : Errisa Nur Widya Octavia
NIM / NIP : K4315020
×

Penelitian bertujuan mengukur peningkatan skor concept map peserta didik dengan penerapan teknik instruksional pada tahap overview, integration and evaluation dalam problem based learning.

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan teknik instruksional pada tahap tahap overview, integration and evaluation dalam problem based learning (PBL). Pengumpulan data dilakukan melalui hasil belajar peserta didik berupa menemukan dan menghubungkan konsep dalam bentuk concept map yang dihitung berdasarkan expert concept map menurut Novak dan Gowin, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas meliputi dua siklus dengan tiap siklus memiliki tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi.Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang terdiri dari 20 siswa. Data penelitian meliputi skor concept map, keterlaksanaan sintaks, hasil wawancara dan dokumentasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, assessment, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan metode triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan skor CM peserta didik pada prasiklus, siklus I dan siklus II, yaitu 13,43%; 21,71% dan 28,96%, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik instruksional pada tahap overview, integration and evaluation dalam PBL meningkatkan skor  concept map peserta didik.

 

×
Penulis Utama : Errisa Nur Widya Octavia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315020
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Teknik Instruksional pada Tahap Overview, Integration And Evaluation dalam Problem Based Learning untuk Meningkatkan Skor Concept Map Peserta Didik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4315020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.