Penulis Utama : Salsabila Ayu Untari
NIM / NIP : K4315058
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah mengukur peningkatan skor concept map (CM) pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Boyolali dengan menggunakan teknik instruksional pertanyaan di tahap solution presentation and reflection problem based learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi pada 36 peserta didik kelas X SMA. Data penelitian adalah skor CM yang dihitung berdasarkan expert CM, didukung dengan keterlaksanaan sintaks, dan performance assessment. Pengujian data menggunakan triangulasi metode yang mengonfirmasi skor CM dengan dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan persentase skor total CM peserta didik mengalami peningkatan rata-rata secara linier sebesar 8,97%. Rata-rata persentase skor total yang meningkat secara linier disebabkan karena beberapa faktor yaitu (1) penerapan teknik instruksional pertanyaan guru di tahap solution presentation and reflection PBL; (2) struktur kognitif yang semakin kompleks; (3) kemampuan menganalisis informasi dan menghubungkan antarkonsep yang meningkat; dan (4) penguasaan materi, dengan demikian teknik instruksional pertanyaan guru di tahap solution presentation and reflection problem based learning meningkatkan persentase skor total CM.

Kata Kunci: Problem-based learning, solution presentation and reflection, pertanyaan guru, concept map, pencemaran lingkungan

 

×
Penulis Utama : Salsabila Ayu Untari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315058
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Skor Concept Map menggunakan Teknik Instruksional Pertanyaan di Tahap Solution Presentation and Reflection Problem-Based Learning
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Biologi-K4315058-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Widoretno, M.Si
2. Alanindra Saputra, S.Pd, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.