Penulis Utama : Adifa Risa Bagasta
NIM / NIP : K4315002
×

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengukur peningkatan skor concept map siswa dengan penerapan teknik instruksional berupa pertanyaan guru pada tahap meeting the problem dalam problem based learning.
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa Sekolah Menengah Atas. Data penelitian adalah skor concept map berdasarkan expert concept map, persentase keterlaksaan sintaks dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran hasil concept map. Uji validitas menggunakan metode teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dalam bentuk concept map yang diukur berdasarkan expert concept map. Hasil skor concept map pra-siklus menunjukkan hasil rata-rata skor concept map 18,1%. Siklus pertama menunjukkan hasil rata-rata skor concept map 18,7%. Siklus kedua menunjukkan hasil rata-rata skor concept map 38,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik instruksional pertanyaan guru pada tahap meeting the problem dalam problem based learning mampu meningkatkan skor concept map siswa.

Kata Kunci : teknik instruksional, concept map, problem based learning, meeting the problem

 

×
Penulis Utama : Adifa Risa Bagasta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315002
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Teknik Instruksional Berupa Pertanyaan Guru di Tahap Meeting The Problem dalam Problem Based Learning untuk Meningkatkan Skor Concept Map Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Biologi-K4315002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Widoretno, M.Si.,
2. Dr. Sri Dwiastuti, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.