Penulis Utama : Muhammad Ikhsan
NIM / NIP : K4315038
×

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengukur peningkatan skor CM melalui penerapan teknik instruksional di tahap discovery and reporting dalam Problem Based Learning.
Jenis penelitian merupakan tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II dengan prosedur pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi hasil belajar berupa kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dalam bentuk CM meliputi VR, H, B, P, CL, E yang dihitung berdasarkan expert CM, performance assessment, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa persentase skor CM, keterlaksanaan sintak, hasil wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi data yang meliputi persentase skor CM, hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II secara berturut turut menunjukkan rata-rata skor CM sebesar 11% , 12%, 12% dengan demikian persentase skor CM  mengalami peningkatan. Peningkatan persentase skor CM  karena penerapan teknik instruksional pada tahap discovery and reporting dalam PBL.

Kata Kunci : Persentase skor CM, discovery and reporting, problem based learning, pertanyaan

 

×
Penulis Utama : Muhammad Ikhsan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315038
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Skor Concept Map Menggunakan Teknik Instruksional berupa Pertanyaan Guru di Tahapan Discovery and Reporting dalam Problem Based Learning
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Biologi-K4315038-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Alanindra Saputra, S.Pd., M.Sc.
2. Dr. Sri Widoretno, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.