Penulis Utama : Novita Puan Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114086
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas Program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP, Prodi. Ilmu Administrasi Negara-D0114086-2019
Subyek : EFEKTIVITAS, RUMAH TIDAK LAYAK HUNI, RUMAH SWADAYA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Program  Bantuan Stimulan Rumah  Swadaya merupakan program  yang dibuat untuk mengatasi permasalahan masyarakat Kota Surakarta yang memiliki rumah tidak layak  huni  menurut data tahun  2015  ada  sebanyak  7422  rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektivitas Program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan  purposive sampling.
Sumber data melalui informan, dokumen dan arsip serta peristiwa, aktivitas dan perilaku. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya di Kelurahan Semanggi sudah cukup efektif dengan analisis : 1) Pencapaian tujuan program sudah efektif karena masyarakat sudah merasakan perbedaan yaitu rumah menjadi lebih layak terutama pada komponen atap,  lantai  dan  dinding.  2)    Kepuasan  Kelompok  Sasaran  ditemukan  bahwa
terdapat manfaat yang dirasakan yaitu rumah menjadi lebih aman dan bersih. 3) Daya Tanggap Klien sudah efektif karena masyarakat sudah paham dan penerimaan  terhadap  program  juga  baik  ditunjukkan  bahwa  mereka  bersedia untuk melakukan swadaya sendiri.  4) Sistem pemeliharaan sudah efektif dimana program terus berlanjut di masyarakat terutama untuk rumah rusak berat. Hal tersebut perlu adanya pemahaman masyarakat sehingga sosialisasi telah dilakukan oleh pemerintah.

Kata Kunci : Efektivitas, Rumah Tidak Layak Huni, Rumah Swadaya

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP