Penulis Utama : Anisa Salsabela
NIM / NIP : K6415006
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan komunitas Kresek (Kreasi Sampah Ekonomi Kota) Kudus terhadap kesadaran lingkungan hidup tentang sampah pada masyarakat Kudus tahun 2019.
Penelitian ini termasuk dalam kategori kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Ngembalrejo RT. 2, RW. 4. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini ialah 44 Kartu Keluarga (KK). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi satu prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif  pada penerapan kegiatan komunitas Kresek Kudus terhadap kesadaran lingkungan hidup tentang sampah pada masyarakat Kudus, yang dibuktikan dengan hasil korelasi dimana rhitung > rtabel (0,90 > 0,316). Besarnya pengaruh variabel X terhadap Y ditunjukkan dengan hasil perhitungan sumbangan determinasi sebesar 81%. Adapun persamaan garis regresi linear diperoleh persamaan Y ?=74,401 + 1,316X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif pada penerapan kegiatan komunitas Kresek Kudus terhadap kesadaran lingkungan hidup tentang sampah pada masyarakat Kudus tahun 2019. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti memberikan saran bagi masyarakat agar meningkatkan partisipasi dan interaksinya pada kegiatan komunitas Kresek Kudus.

Kata Kunci: Kegiatan Komunitas Kresek Kudus, kesadaran lingkungan hidup tentang sampah, masyarakat kudus

 

×
Penulis Utama : Anisa Salsabela
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415006
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Kegiatan Komunitas Kreasi Sampah Ekonomi Kota (Kresek) Kudus terhadap Kesadaran Lingkungan Hidup tentang Sampah pada Masyarakat Kudus Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)-K6415006-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Haryati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.