Penulis Utama : Sinta Ayu Saputri
NIM / NIP : K5115057
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap keterampilan membaca nyaring pada mata pelajaran bahasa Inggris untuk anak tunagrahita kelas VII SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Metode penelitian ini menggunakan eksperimen subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A yaitu dimulai dengan pengukuran baseline 1 (A1) hingga data stabil, dilanjutkan dengan intervensi (B), dan langkah terakhir adalah pengukuran baseline 2 (A2). Subjek dalam penelitian adalah anak tunagrahita kelas VII SLB Panca Bakti Mulia Surakarta berjumlah 1 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan untuk mengetahui keterampilan membaca nyaring anak. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan visual grafik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan membaca nyaring subjek pada fase baseline 1 yaitu 35,5 dengan kategori rendah mengalami peningkatan pada fase intervensi menjadi 84,5 dengan kategori tinggi dan pada fase baseline 2 menjadi 90,9 dengan kategori tinggi. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca nyaring pada setiap kondisi dengan kestabilan yang cukup baik.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca nyaring pada mata pelajaran bahasa Inggris untuk anak tunagrahita kelas VII SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Keterampilan Membaca Nyaring, Anak Tunagrahita.

×
Penulis Utama : Sinta Ayu Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5115057
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Tunagrahita Kelas VII SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5115057-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Salim, M. Kes.
2. Erma Kumala Sari S.Psi., M.Psi., Psi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.