Penulis Utama : Asa Sumawardani
NIM / NIP : K8115010
×

Abstrak
Tujuan penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan melalui outdoor learning pada anak kelompok A TK Widya Putra tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Widya Putra tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif  statistik deskriptif dan analisis data kualitatif model analisis interaktif.
Hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa penerapan outdoor learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak kelompok A TK Widya Putra tahun ajaran 2018/2019. Penerapan outdoor learning dalam pembelajaran dilaksanakan di luar kelas dan diluar sekolah. Outdoor learning dimanfaatkan sebagai metode pembelajaran yang dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan dan menumbuhkan minat belajar anak. Peningkatan terjadi dari pratindakan sebesar 41,7% atau 5 anak, siklus I sebesar 58,3% atau 7 anak, dan siklus II sebesar 83,3% atau 10 anak.
Kata kunci : Konsep bilangan, outdoor learning, anak usia dini

 

×
Penulis Utama : Asa Sumawardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115010
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan Melalui Outdoor Learning pada Anak Kelompok A TK Widya Putra Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8115010-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
2. Novita Eka Nurjanah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.