Penulis Utama : Angganingrum Shinta Hapsari
NIM / NIP : S811802003
×

Menulis paragraf adalah sebuah keterampilan yang penting untuk dikuasai oleh siswa di segala tingkat pendidikan. Pada kenyataannya, menulis paragraf menjadi sebuah tantangan tersendiri terutama bagi siswa sekolah dasar. Media pembelajaran dapat menjadi sebuah solusi atas tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran menulis dalam muatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar; 2) mengembangkan media pembelajaran vlog yang praktis dan valid untuk digunakan dalam muatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar 3) mengetahui efektifitas media pembelajaran vlog yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa.
Penelitian pengembangan ini dilakukan di SD Al Firdaus dan SD Marsudirini. Pengembangan media vlog ini mengacu kepada prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Plomp. Prosedur ini dibagi menjadi tiga tahapan utama yakni: 1) analisis produk awal; 2) pengembangan produk awal; 3) uji efektivitas. Tahap analisis produk dan pengembangan produk awal dilakukan di SD Al Firdaus. Subjek penelitian pada tahap uji efektivitas media adalah 20 siswa kelas 5 SD di SD Al Firdaus sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas 5 SD Marsudirini sebagai kelas kontrol. Data keterampilan siswa didapat dari tes unjuk kerja serta diolah menggunakan uji t untuk melihat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat masalah dalam menulis paragraf yang perlu ditingkatkan dan sekolah membutuhkan media pembelajaran yang inovatif, mudah digunakan, praktis, menarik, dan menunjang pembelajaran keterampilan menulis peserta didik; 2) media vlog yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah layak dan praktis untuk digunakan. Hal ini diketahui dari validasi ahli materi, ahli media, praktisi dan peserta didik dengan rata -rata prosentase sebesar 85,25 % yang berada pada kategori sangat layak. 3) efektivitas media vlog dalam pembelajaran lewat tabulasi uji efektivitas terbukti meningkatkan keterampilan menulis siswa. Diketahui bahwa nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,024 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.</p>

Kata kunci</strong>: vlog, media, keterampilan menulis, sekolah dasar</p>

 </p>

×
Penulis Utama : Angganingrum Shinta Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811802003
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Vlog untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bagi Siswa Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S811802003-2020
Kata Kunci : vlog, media, keterampilan menulis, sekolah dasar
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.