Penulis Utama : Riswanda Satria Adi Prasojo
NIM / NIP : G0014204
×


ABSTRAK

Latar Belakang: Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) mengalami gejala yaitu sesak napas, batuk kronis, serta produksi sputum kronis. Hal tersebut menyebabkan keterbatasan aktivitas serta penurunan kualitas hidup. Salah satu program rehabilitasi paru pada pasien PPOK adalah infrared dan chest physical therapy. Tujuan penelitian ini untuk menilai manfaat infrared dan chest physical therapy pada pasien PPOK dengan melihat adanya perbedaan skor pada kuisioner CAT sebelum dan sesudah terapi.

Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan kohort prospektif. Penelitian dilaksanakan di Instalasi Rawat Jalan Rehabilitasi  Medik  RSUD Dr.  Moewardi  Surakarta  dengan  sampel  15  pasien PPOK terdiri dari 13 laki-laki dan 2 perempuan. Skor CAT diukur sebelum dan sesudah infrared dan chest physical therapy. Hasil dianalisis dengan uji-t berpasangan.

Hasil Penelitian: Hasil analisis data menunjukkan perbedaan rata-rata skor CAT adalah 3,73 dengan nilai signifikansi 0,001 (p < 0>

Simpulan: Terdapat perbedaan skor COPD Assessment Test (CAT) pasien PPOK sebelum dan sesudah terapi infrared dan chest physical therapy di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Infrared dan chest physical therapy efektif dalam memberi perbaikan pada kondisi pasien PPOK di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Kata Kunci : PPOK, Infrared, Chest Physical Therapy, CAT.

 

 

×
Penulis Utama : Riswanda Satria Adi Prasojo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014204
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Skor Copd Assessment Test (Cat) sebelum dan Sesudah Infrared dan Chest Physical Therapy pada Pasien Ppok di Rsud Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS – F. Kedokteran, Prodi. Kedokteran - G0014204- 2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Desy K. Tandiyo, dr., Sp. KFR.
2. Dian Nugroho, dr., M.Med.Ed
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.