Penulis Utama : Devita Mega Ratnasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414012
Tahun : 2019
Judul : Keharmonisan Pedagang Pasar Gede di Tengah Kerusuhan Tahun 1998 sebagai Materi Pengayaan Pembelajaran Sejarah SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4414012-2019
Subyek : KEHARMONISAN, MULTI ETNIS, SEJARAH SMA, PASAR GEDE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan wujud hubungan harmonis antar pedagang Pasar Gede pada peristiwa kerusuhan tahun 1998, (2) mendeskripsikan upaya pihak-pihak terkait dalam rangka menjaga hubungan harmonis antar pedagang di Pasar Gede pada kerusuhan tahun 1998, (3) menganalisis kerukunan antar pedagang Pasar Gede yang terjadi pada tahun 1998 dapat menjadi materi pengayaan pembelajaran sejarah di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode historis. Sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder berupa arsip foto, surat kabar, buku dan informasi dari narasumber. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi putaka dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis historis dengan pendekatan teori sosiologi dan ekonomi. Prosedur penelitian dilaksanakan meliputi tahap heuristik, kritik, interprestasi dan historiografi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hubungan yang harmonis diantara pedagang Pasar Gede diwujudkan dengan adanya sifat saling menghormati dan memiliki sifat kekeluargaan yang terjalin ditengah kerusuhan antar etnis pada tahun 1998. Pedagang Pasar Gede yang multi etnis khususnya etnis Cina tidak mengalami dampak kerusuhan Mei 1998. Pedagang Pasar Gede tetap aman dan harmonis dengan mengadakan kegiatan kesehatan, sosial, budaya dan agama. (2) pihak-pihak yang terlibat yaitu paguyuban, beberapa pihak petugas pasar dan kuli berusaha saling menjaga hubungan harmonis pada saat kerusuhan 1998. Petugas pasar dan Paguyuban Pasar Gede memberikan arahan kepada pedagang untuk tidak panik dan kuli membantu melakukan pengamanan di area Pasar Gede. (3) Nilai Keharmonisan dalam Pedagang Pasar Gede menitikberatkan pembahasan mengenai kerukunan dan kekeluargaan. Nilai tersebut mampu menjaga para pedagang multi etnis saat terjadi kerusuhan Mei tahun 1998. Nilai tersebut juga mampu menjaga kehidupan perekonomian dan sosial. Kajian ini dapat digunakan pada materi pengayaan pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XII SMA, khususnya tentang penelitian sederhana perkembangan kehidupan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru.

Kata Kunci : keharmonisan, multi etnis, sejarah SMA, Pasar Gede

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutiyah, M. Pd., M. Hum.
2. Dadan Adi Kurniawan S. Pd., MA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP