Penulis Utama : Ira Septian Angraini
NIM / NIP : K3212033
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran batik ikat celup di kelas X.5 SMA Negeri 1 Jalaksana. (2) hambatan serta solusi pembelajaran batik ikat celup pada siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Jalaksana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Drs. Sujana selaku guru seni budaya SMA Negeri 1 Jalaksana dan wali kelas siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Jalaksana serta foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Uji validitas data yang digunakan adalah model mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran batik ikat celup meliputi: (a) persiapan antara lain; menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan media, materi, metode dan evaluasi pembelajaran. (b) pelaksanaan pembelajaran antara lain; menjelaskan materi pembelajaran, memberikan contoh karya, mendemonstrasikan teknik pembuatan karya, memberikan tugas membuat karya individu dan kelompok dan mengevaluasi hasil karya siswa.  (2) Hambatan yang dihadapi adalah waktu pembelajaran yang kurang mencukupi, alat dan bahan yang masih sulit didapatkan, sarana dan prasarana yang belum memadai. (3) solusi untuk mengatasi kendala yang muncul pada pelaksanaan proses pembelajaran batik ikat celup di SMA Negeri 1 Jalaksana adalah memberikan jam tambahan untuk pembelajaran seni budaya, menyediakan alat dan bahan oleh pihak sekolah, serta perbaikan sarana dan prasana sekolah.

×
Penulis Utama : Ira Septian Angraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212033
Tahun : 2016
Judul : Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Materi Batik Ikat Celup pada Kelas X5 SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Semi Rupa-K3212033-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd
2. Drs. Margana, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.