Penulis Utama : Alfieda Putri Eva
NIM / NIP : D1218001
×

ABSTRAK

Di era modernisasi seperti ini, komunikasi pemasaran dengan bentuk iklan semakin berkembang. Hal tersebut mendorong hadirnya konsep iklan dalam bentuk web series. Tren iklan dalam bentuk web series ini juga digunakan oleh salah satu brand ternama di Indonesia yakni Tropicana Slim, melalui web series #JanjiTheSeries. Tropicana Slim berharap iklan dengan bentuk web series dapat menciptakan emotional value antara brand dengan anak muda yang menjadi target audiensnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan serta brand image dalam web series #Janjitheseries di Youtube dan intensitas electronic word of mouth terhadap minat beli pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret angkatan 2017-2018 yang telah menonton web series #JanjiTheSeries. Teori dalam penerapan penelitian ini adalah teori S-O-R (stimulus – organism- response) dengan jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian eksplanasi melalui pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 66 orang yang telah dipilih menggunakan teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling. Metode penelitian dilakukan adalah metode survei dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Linear Ganda, Koefisien Determinan, Uji Parsial (t) dan Uji Simultan (f).

Dari hasil analisis data diperoleh persamaan linear ganda Y’ = -0,932 + 0,075 X1+ 0,128 X2+ 0,235 X3. Di mana koefisien variabel terpaan iklan mempengaruhi minat beli sebesar 7,5%, variabel brand image sebesar 12,8% dan variabel intensitas electronic word of mouth sebesar 23,5%. Variabel terpaan iklan, brand image  serta intensitas electronic word of mouth secara simultan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk Tropicana Slim, dengan hasil analisis uji f diperoleh nilai <!--[if gte msEquation 12]>Fhitung <![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]-->= 9,332 ><!--[if gte msEquation 12]> Ftabel<![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]--> 2,75 dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.

Kata Kunci : Terpaan Iklan, Brand image , Intensitas Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Tropicana Slim, Web series

×
Penulis Utama : Alfieda Putri Eva
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1218001
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Terpaan Iklan serta Brand Image dalam Web Series #Janjitheseries di Youtube Dan Intensitas Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Tropicana Slim oleh Mahasiswa Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D1218001-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setyanto M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.