Penulis Utama : Muhammad Irvan Fradilla
NIM / NIP : R0216066
×

ABSTRAK

Muhammad Irvan Fradilla, R0216066, 2020. Hubungan Pengetahuan K3, Pendidikan dan Masa Kerja dengan Kedisiplinan Pemakaian APD Pekerja Cutting PT. Jaya Asri Garmindo Karanganyar.

Latar Belakang: Berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tahun 2019, angka kecelakaan kerja mengalami peningkatan sebanyak 40,69%, dari tahun 2017 sebanyak 123.041 kasus meningkat menjadi 173.105 kasus di tahun 2018.  Kecelakaan kerja tersebut dapat dicegah dengan pengetahuan tentang K3 yang tinggi dan masa kerja lama yang dimiliki oleh pekerja. Pekerja tersebut tentunya dapat lebih memahami risiko bahaya di tempat kerja dan lebih disiplin dalam pemakaian APD, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan K3, pendidikan dan masa kerja dengan kedisiplinan pemakaian APD pekerja.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Responden diambil dari pekerja bagian cutting PT. Jaya Asri Garmindo Karanganyar sebanyak 48 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner untuk mengetahui pengetahuan K3, pendidikan dan masa kerja, serta lembar checklist data untuk mencatat kedisiplinan pemakaian APD. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi gamma serta uji regresi logistik.

Hasil: Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan K3 dan pendidikan terhadap kedisiplinan pemakaian APD (p= 0,000 ; p= 0,002). Sedangkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara masa kerja dengan kedisiplinan pemakaian APD (p= 0,373). Hasil uji multivariat menunjukkan bahwa pengetahuan K3 dan pendidikan sama-sama memiliki pengaruh terhadap kedisiplinan pemakaian APD, dan diketahui bahwa pendidikan mempunyai kekuatan pengaruh paling besar terhadap kedisiplinan pemakaian APD (p= 0,000 ; OR= 1,898 ; p= 0,002 ; OR= 4,900).

Simpulan: Terdapat hubungan pengetahuan K3 dan pendidikan dengan kedisiplinan pemakaian APD pada pekerja bagian cutting PT. Jaya Asri Garmindo Karanganyar

×
Penulis Utama : Muhammad Irvan Fradilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216066
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Pengetahuan K3, Pendidikan dan Masa Kerja dengan Kedisiplinan Pemakaian APD Pekerja Cutting PT. Jaya Asri Garmindo Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216066-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ipop Sjarifah, Dra., M. Si,
2. Heni Hastuti, dr., M. PH.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.