Penulis Utama : Richna Nisrina
NIM / NIP : K8116067
×

Abstrak

Tujuan penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui  penggunaan media pop-up picture book pada anak kelompok A TK Aisyiyah 34 Karangturi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berupa kolaborasi atau kerjasama antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Aisyiyah 34 Karangturi yang berjumlah 17 anak terdiri dari 8 anak perempuan dan 9 anak laki-laki.
Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari anak dan guru kelompok A, dokumentasi selama kegiatan pembelajaran, dan rencana pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh pratindakan dengan rata-rata klasikal yaitu 29% atau sebanyak 5 anak tuntas. Siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal yaitu 53% atau sebanyak 9 anak tuntas, hal ini dikarenakan aturan yang dibuat oleh guru agar kelas kondusif. Siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal 82% atau sebanyak 14 anak tuntas, hal ini dikarenakan perbedaan kegiatan pembelajaran dan pemisahan konsep bilangan 1-5 terlebih dahulu lalu dilanjutkan 6-10. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up picture book dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Aisyiyah 34 Karangturi Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata kunci : Anak Usia Dini, Konsep Bilangan, Pop-Up Picture Book.

 

×
Penulis Utama : Richna Nisrina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116067
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pop-Up Picture Book Pada Kelompok A TK Aisyiyah 34 Karangturi Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8116067-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.,
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.