Penulis Utama : Agung Priyatna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861802002
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Flipbook Digital Situs Purbakala Pugung Raharjo untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Lokal Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Sejarah - S861802002 - 2020
Subyek : MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL, FLIPBOOK DIGITAL, SITUS PURBAKALA PUGUNG RAHARJO, PEMBELAJARAN SEJARAH, PEMAHAMAN SEJARAH LOKAL.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan media pembelajaran sejarah lokal yang selama ini digunakan di sekolah; (2) Mendeskripsikan prosedur dan hasil pengembangan media flipbook digital situs purbakala Pugung Raharjo; (3) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan media flipbook digital situs purbakala Pugung Raharjo untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Penelitian dilakukan dalam lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuisioner, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent sample t test. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, dengan subjek penelitian (sampel) yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Media pembelajaran yang selama ini digunakan dalam pembelajaran sejarah yaitu media power point, sementara itu belum ada media pembelajaran khusus yang dapat menunjang pembelajaran sejarah lokal di sekolah; (2) Pengembangan produk dilakukan dalam lima tahapan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pengembangan produk menghasilkan sebuah media pembelajaran digital (flipbook) berbasis sejarah lokal situs purbakala Pugung Raharjo; (3) Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t test menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sebesar 0,004 < 0>

Kata Kunci: Media Pembelajaran Digital, Flipbook Digital, Situs Purbakala Pugung Raharjo, Pembelajaran Sejarah, Pemahaman Sejarah Lokal.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
2. Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., MA.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Pascasarjana