Penulis Utama : Yunia Nur Arifah
NIM / NIP : K7116218
×

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya korelasi positif antara minat membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN se- Kecamatan   Klirong   tahun   ajaran   2019/2020   serta   mengetahui   besarnya sumbangan efektif minat membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN se-Kecamatan Klirong tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian  ini merupakan penelitian kuantitatif dengan  metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di 34 SDN se-Kecamatan Klirong yang berjumlah 746 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 287 siswa kelas III di dua belas SDN se-Kecamatan Klirong yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling menggunakan bantuan  aplikasi  IBM  SPSS  Statistics  versi  23.  Teknik  pengumpulan  berupa angket minat membaca dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikansi 0,05 dan menggunakan sumbangan efektif. Uji prasyarat analisis menggunakan normalitas dan linieritas.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  terdapat  hubungan  yang  positif  dan
signifikan antara minat membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia (nilai Sig.
0,000  <  0,05)  dengan  nilai  r  =  0,446,  artinya  terdapat  hubungan  positif dan
signifikan antara minat membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia yang menunjukkan semakin tinggi minat  membaca, maka akan semakin tinggi pula hasil  belajar  Bahasa Indonesia siswa.  Begitu  pun sebaliknya,  semakin  rendah minat membaca, maka akan semakin rendah pula hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Minat membaca memberikan sumbangan efektif (SE) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 19,88%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara minat membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN se-Kecamatan Klirong tahun ajaran 2019/2020 dengan minat membaca memberikan sumbangan efektif sebesar 19,88% terhadap hasil belajar.

Kata kunci: Minat Membaca, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

 

×
Penulis Utama : Yunia Nur Arifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116218
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Minat Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Sekecamatan Klirong Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116218 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.