Penulis Utama : Aziz Fauzi
NIM / NIP : S842002004
×

Tindak tutur merupakan kegiatan yang sering dilakukan manusia untuk berkomunikasi. Dalam menciptakan komunikasi yang baik, penutur dan lawan tutur harus saling mengerti maksud tuturan yang telah disampaikan. Selain itu, cara komunikasi juga harus memperhatikan etika sehingga kita dapat menciptakan hubungan yang baik (harmois) antara penutur dan lawan tutur. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan dan menjelaskan wujud kesantunan berbahasa dalam poster Internasional Womens Day 2020; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan wujud pelanggaran tindak tutur kesantunan berbahasa dalam poster Internasional Womens Day 2020; (3) mendeskripsikan dan menjelaskan pemanfaatan bahan ajar kajian tindak tutur kesantunan dan pelanggaran kesantunan berbahasa pada poster Internasional Womens Day 2020 dalam pembelajaran pragmatik di perguruan tinggi. Strategi penelitian yang digunakan adalah analisis isi/ dokumen. Strategi tersebut digunakan karena peneliti akan menganalisis data berupa kalimat dalam poster demonstrasi Internasional Womens Day 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumen dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penggunaan maksim kesopanan dalam poster demonstrasi Internasional Womens Day 2020 di Jakarta terdapat 33 data. Maksim kesopanan itu muncul dengan berbagai bentuk, seperti maksim kerendahan hati sebanyak 7 data, maksim kesepakatan 4 data, maksim simpati 14 data, maksim kedermawanan 6 data, dan maksim pujian 2 data; (2) pelanggaran maksim kesopanan terdapat 10 data, seperti, maksim kerendahan hati terdapat 2 data, maksim simpati 5 data, maksim kearifan 2 data, dan maksim kedermawanan 1 data; (3) berdasarkan hasil wawancara mendalam mengenai kajian kesantunan berbahasa pada teks dalam poster demonstrasi Internasional Womens Day 2020 dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah pragmatik di perguruan tinggi yaitu dalam materi kesantunan berbahasa dan fungsi tindak tutur.

×
Penulis Utama : Aziz Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S842002004
Tahun : 2022
Judul : Tindak Tutur Kesantunan Berbahasa dalam Poster Demonstrasi Internasional Womens Day dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Pragmatik di Perguruan Tinggi (Kajian Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : tindak tutur kesantunan berbahasa, pelanggaran kesantunan berbahasa, Internasioal Womens Day 2020, pragmatik, implementasi bahan ajar di perguruan tinggi.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/2649
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum
Penguji : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
2. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.