Penulis Utama : Nanang Fahrizal Maulana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5617072
Tahun : 2022
Judul : Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Konvensial dan Inovatif terhadap Hasil Belajar Elemen Gerak Kaki Renang Gaya Dada pada Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Nanang Fahrizal Maulana. PERBEDAAN PENGARUH  MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR ELEMEN GERAK KAKI RENANG GAYA DADA PADA SISWA PUTRA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2021.

Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh model pembelajaran konvensional dan inovatif terhadap peningkatan hasil belajar elemen gerak kaki renang gaya dada pada Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) Model pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara model pembelajaran konvensional dan inovatif terhadap peningkatan hasil belajar elemen gerak kaki renang gaya dada pada Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2020/2021.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 102 orang, teknik sampling yang digunakan adalah judgeman atau Purposive sampling., kemudian didapatkan sampel sejumlah 30 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kemampuan elemen gerak kaki renang gaya dada. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan elemen gerak kaki renang gaya dada. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji–t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas.

Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran konvensional dan inovatif terhadap hasil belajar elemen gerak kaki renang gaya dada pada siswa putra kelas X SMA N 1 Kartasura tahun pelajaran 2020/2021, dengan thitung = 7,240> ttabel = 2,145, (2) Model pembelajaran inovatif memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar elemen gerak kaki renang gaya dada pada siswa putra kelas X SMAN 1 Kartasura tahun pelajaran 2020/2021, dengan peningkatan model pembelajaran inovatif = 43,007% > model pembelajaran konvensional = 33,679%.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran konvensional dan inovatif terhadap hasil belajar elemen gerak kaki renang gaya dada pada siswa putra kelas X SMA N 1 Kartasura tahun pelajaran 2020/2021, (2) Model pembelajaran inovatif memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar elemen gerak kaki renang gaya dada pada siswa putra kelas X SMAN 1 Kartasura tahun pelajaran 2020/2021.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
3. Bab I.pdf
2. Halaman Cover.pdf
4. Bab II.pdf
5. Bab III.pdf
6. Bab IV.pdf
7. Bab V.pdf
8. Daftar Pustaka.pdf
9. Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanta, M.Pd.
2. Hendrig Joko Prasetyo, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan