Penulis Utama : Silvia Berlian
NIM / NIP : K4217070
×

Silvia Berlian Kharunia. K4217070. ANALISIS KONFLIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL DREDAH BEKAKAK GAMPING KARYA NURSISTO SERTA RELEVANSINYA PADA MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK (SUATU KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2021.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi pada SMK N 2 Sragen diantaranya: (1) kurangnya referensi novel dalam pembelajaran bahasa Jawa; (2) kurangnya kepekaan siswa dalam bersosial; dan<!--[if !supportLists]--> (3)  kurangnya nilai pendidikan karakter dalam bacaan novel

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan pertama, unsur intrinsik yang terdapat novel Dredah Bekakak Gamping karya Nursisto, kedua konflik sosial dengan kajian sosiologi sastra yang terdapat dalam novel Dredah Bekakak Gamping karya Nursisto, ketiga nilai pendidikan karakter yang termuat dalam novel Dredah Bekakak Gamping karya Nursisto, dan yang keempat adalah relevansi novel Dredah Bekakak Gamping karya Nursisto sebagai materi pembelajaran siswa kelas IX sekolah menengah kejuruan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi analisis isi. Analisis isi atau konten dilakukan secara mendalam terhadap novel Dredah Bekakak Gamping karya Nursisto. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terbuka dan analisis dokumen. Teknik validitas yang digunakan adalah tringulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Teknik ini memiliki tiga tahap diantaranya: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut, pertama adalah unsur intrinsik yang meliputi tema, alur, penokohan, dan latar yang membentuk kedalam satu unsur yang saling membangun. Kedua ditemukan konflik-konflik sosial dengan menggunakan kajian sosiologi sastra yang berfokus pada sosiologi karya sastra diantaranya bentuk konflik sosial yang terjadi antara individu dan individu, individu dan kelompok serta konflik kelompok dan kelompok. Yang ketiga ditemukan 11 nilai pendidikan karakter yang bersumber dari kemendiknas.. Dan yang keempat relevansi novel Dredah Bekakak Gamping karya Nursisto sebagai materi pembelajaran siswa kelas IX sekolah menengah kejuruan.

×
Penulis Utama : Silvia Berlian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217070
Tahun : 2021
Judul : Analisis Konflik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Dredah Bekakak Gamping Karya Nursisto Serta Relevansinya pada Materi Pembelajaran Sastra di SMK (Suatu Kajian Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : SOLO - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Novel, konflik sosial, pendidikan karakter, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Astiana Ajeng Rahardini, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd
2. Rahmat, S.S., MA.
3. Budi Waluyo, S.S., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.