Penulis Utama : Nur Afidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117055
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Panduan Teknik Self-Regulated Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Studi Lanjut pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Panduan Teknik Self-Regulated Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Studi Lanjut pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sukoharjo yang memenuhi kriteria relevance dan consistency. Panduan tersebut terdiri dari buku panduan bagi guru BK yang berisi petunjuk pemberian layanan dan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang berisi materi dan lembar kerja yang digunakan peserta didik untuk membantu mencapai tujuan layanan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitiaan dan pengembangan prosedural Plomp dan Nieveen (2013), yang membagi tiga tahapan yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap kedua, yang menghasilkan produk dengan tiga representasi kurikulum berkualitas ideal, formal, dan perceived. Produk pengembangan disusun berdasarkan hasil kajian empirik dari studi eksplorasi dan wawancara serta hasil kajian teoritik tentang merencanakan studi lanjut dan teknik self-regulated learning.

Produk tersebut telah diuji kelayakannya oleh ahli bimbingan dan konseling. Penilaian uji ahli secara kuantitatif mengembangkan aspek-aspek kelayakan produk yang diadaptasi dari pendapat Nieveen (2013) terkait validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penilaian tersebut dianalisis menggunakan inter-rater agreement model (Gregory, 2011). Indeks uji ahli memperoleh nilai 1 yang berarti validitas ahli tergolong tinggi. Sedangkan penilaian uji ahli secara kualitatif diketahui dari kritik dan saran dari ahli.

Berdasarkan uji ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa Panduan Teknik Self-Regulated Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Studi Lanjut pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di Sukoharjo layak dan dapat dilanjutkan dengan perbaikan sesuai saran. Selanjutnya peneliti telah melakukan perbaikan panduan sesuai saran dari ahli. Oleh karena itu, Panduan Teknik Self-Regulated Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Studi Lanjut pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di Sukoharjo telah memenuhi kriteria relevance dan consistency. Saran dari peneliti untuk peneliti selanjutnya yaitu melanjutkan penelitian dan pengembangan ini hingga tahap akhir sehingga produk pengembangan bisa digunakan dan disebarluaskan.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Ma`rifatin Indah Kholili, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP