Penulis Utama : Shinta Yus Ari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0617040
Tahun : 2022
Judul : Perubahan Karakteristik Aktivitas Perdagangan Dan Jasa Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kawasan Perdagangan Jasa Pasarkliwon, Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

PERUBAHAN KARAKTERISTIK AKTIVITAS PERDAGANGAN DAN JASA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KAWASAN PERDAGANGAN JASA PASARKLIWON, SURAKARTA)

 

Aktivitas perdagangan dan jasa merupakan aktivitas yang selalu berkembang sejalan dengan perkembangan kota yang semakin meningkat. Pada kota Surakarta terdapat kawasan perdagangan dan jasa yaitu Kawasan Pasarkliwon yang memiliki berbagai kegiatan jual beli dan pelayanan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Terdapat lima ruas jalan Kawasan Perdagangan dan jasa yang memiliki aktivitas tersebut yaitu pada ruas jalan Slamet Riyadi, Jalan Yos Sudarso, Jalan Veteran, Jalan Kapten Mulyadi dan Jalan Sunaryo. Akan tetapi ketika awal tahun 2020 terjadi wabah pandemi covid-19, sehingga beberapa sektor mengalami perubahan salah satunya berdampak terhadap sektor perdagangan dan jasa. Terdapat enam karakteristik aktivitas perdagangan dan jasa yang mengalami perubahan yaitu karakteristik ragam aktivitas perdagangan, jangkauan aktivitas, luas lantai, jumlah pelaku aktivitas, cara belanja dan cara pembayaran. Perubahan ini terjadi karena seluruh komponen pelaku aktivitas perdagangan mematuhi kebijakan dari pemerintah untuk mengurangi aktivitasnya di luar rumah. Sehingga pelaku usaha harus beradaptasi dengan kegiatan aktivitas perdagangan saat pandemi covid-19 agar dapat menjualkan barang dagangannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan karakteristik aktivitas perdagangan dan jasa sebelum dan saat pandemi covid-19 pada kawasan Pasarkliwon dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan kondisi lapangan secara nyata. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan desuktif, untuk dapat menguji teori terhadap keadaan nyata di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perubahan karakteristik aktivitas perdagangan jdan jasa yang dilihat sebelum dan saat pandemi covid-19. Telah terdapat perubahan pada enam karakteristik aktivitas perdagangan dan jasa pada kawasan penelitian yaitu karakteristik ragam aktivitas perdagangan jasa, jangkauan aktivitas perdagangan jasa, pelaku aktivitas perdagangan dan jasa, luas lantai aktivitas perdagangan dan jasa, cara belanja dan cara pembayaran .

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LAMPIRAN SIDANG AKHIR.pdf
Daftar Pustaka.pdf
BAB VI.pdf
BAB V.pdf
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rufia Andisetyana Putri, S.T., M.T.
2. Hakimatul Mukaromah, S.T, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik