Penulis Utama : Rizqi Maulidiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841902029
Tahun : 2021
Judul : Konflik Batin Tokoh Utama dan Nilai Religius dalam Novel-Novel Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra Serta Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S841902029
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan dan menjelaskan bagaimana: 1) konflik batin tokoh utama dalam novel Faith and The City dan I am Sarahza karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra, 2) Nilai religius yang tercermin dalam novel Faith and The City dan I am Sarahza karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra, dan 3) Pemanfaatan hasil penelitian sebagai materi ajar sastra di SMA kelas XII.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis data. Sumber data dalam penelitian ini ialah novel Faith and The City dan I am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis (analisis isi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teori yang digunakan dalam menganalisis konflik batin tokoh mengacu pada teori Sigmund Freud, dan nilai religius mengacu pada teori Muhammad Daud Ali.
Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal dari novel Faith and The City dan I am Sarahza, yaitu: (1) konflik batin tokoh utama yang dianalisis dari novel-novel itu adalah Hanum dan Rangga keduanya dianalisis menggunaan teori Sigmund Freud yang menghasilkan 3 aspek kepribadian yaitu: id, ego, dan superego. (2) nilai religius kedua novel dianalisis menggunakan teori Muhammad Daud Ali, novel Faith and The City yang terdiri dari hubungan manusia dengan Tuhannya, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan manusia lainnya sedangkan novel I am Sarahza terdiri dari hubungan manusia dengan Tuhannya, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, dan hubungan manusia dengan manusia lainnya. (3) kelayakan nilai religius yang dapat diteladani dengan pemanfaatan pembelajaran sastra di kelas XII menggunakan novel Faith and The City dan I am Sarahza. Nilai religius yang terkandung dalam novel Faith and The City  dan I am Sarahza dapat diintegrasikan dalam materi ajar sastra, sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap pembelajaran sastra khususnya novel. Materi ajar yang relevan dengan nilai religius novel Faith and The City dan I am Sarahza terlihat dari setipa kompetensi dasar yang ada didalam RPP dan Silabus. Selain itu, dikuatkan dengan  melakukan wawancara kepada kepala sekolah, salah satu guru bahasa Indonesia dan salah satu peserta didik Madrasah Aliyah Al-Mannar.

Kata Kunci: konflik batin tokoh utama, nilai religius, novel.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana