Penulis Utama : Daffa Maulana Muhammad
NIM / NIP : H0717028
×

PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK ANORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium cepa L. Aggregatum). Skripsi: Daffa Maulana Muhammad (H0717028). Pembimbing: Eddy Triharyanto, Bambang Pujiasmanto, dan Supriyono. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Bawang merah merupakan tanaman hortikultura yang termasuk dalam kebutuhan pokok dengan permintaan yang cukup tinggi untuk masakan dan obat tradisional. Salah satu komponen penting dalam meningkatkan produktivitas bawang merah dengan memperhatikan kesuburan tanahnya. Namun peningkatan kesuburan tanah dengan optimalisasi pupuk buatan atau pupuk kimia justru menyebakan dampak ketersediaan tanah menjadi berkurang. Upaya dalam meningkatkan produktivitas bawang merah salah satunya dengan kombinasi pupuk organik cair dan anorganik sebagai metode penyediaan kebutuhan hara yang efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kombinasi pupuk anorganik dengan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah. Peneltian di lakukan di Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar, Indonesia pada bulan Maret-Juni 2021. Desa Ngringo merupakan daerah aliran sungai Bengawan Solo dengan ketinggian rata-rata 101 mdpl dan suhu berkisar antara 25-34?. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap faktor tunggal dengan 3 ulangan yaitu jenis perlakuan. Jenis perlakuan tersebut adalah 100% pupuk anorganik, 75% pupuk anorganik 25% pupuk organik cair, 50% pupuk anorganik 50% pupuk organik cair, 25% pupuk anorganik 75% pupuk organik cair, 100% pupuk organik cair, dan 100% pupuk organik padat. Peubah yang diamati yaitu C-organik tanah, bahan organik, N total, P tersedia, K dapat ditukar, Na dapat ditukar, Ca dapat ditukar, Mg dapat ditukar, Kapasitas tukar kation, pH, analisis bakteri, analisis jamur, tinggi tanaman, jumlah daun, bobot segar berangkasan, bobot kering berangkasan, bobot segar umbi, bobot kering umbi, diameter umbi, bobot umbi perpetak, jumlah umbi perumpun, bunga. Data dianalisis ragam dengan uji anova taraf 5%.

Hasil penelitian pemberian perlakuan kombinasi pupuk antara pupuk organik cair dan pupuk anorganik secara keseluruhan dapat memberikan potensi dan dapat menggantikan pupuk anorganik untuk pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium cepa L. Aggregatum). Pupuk organik cair dapat digunakan sebagai kombinasi pupuk anorganik untuk mendukung pertumbuhan dan hasil bawang merah.

×
Penulis Utama : Daffa Maulana Muhammad
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : H0717028
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Pupuk Organik Cair dan Pupuk Anorganik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium Cepa L. Aggregatum)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Bawang Merah, Pupuk Organik Cair, Pupuk Anorganik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P.
2. Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, M.S.
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Supriyono, M.S.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.