Penulis Utama : Ellen Tiara Jasmine Ardianto
NIM / NIP : B3219012
×

Dunia Pariwisata mulai beroperasi kembali setelah sekian lama terkena dampak dari pandemi COVID-19. Hal tersebut menyebabkan persaingan antar perusahaan travel semakin ketat. Service excellent yang diberikan oleh perusahaan travel khususnya divisi ticketing sangat berpengaruh kepada kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Service Excellent dalam meningatkan kepuasan pelanggan di Batari Tour and Travel serta beberapa kendala yang dialami oleh ticketing staff pada saat memberikan pelayanan kepada pelanggan beserta solusi dalam mengatasi kendala tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah deskriptif-kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penyusunan Tugas Akhir ini meliputi observasi partisipasi, yaitu dengan praktik kerja lapangan yang dilakukan langsung di Batari Tour and Travel, teknik wawancara kepada Ibu Dewi, Mas Lilik, Bapak Bachtiar, Bapak Bambang, Bapak Adi, Ibu Atik, Bapak Sofyan, Ibu Ranti, dan Bapak Fattah selaku pelanggan serta Ibu Mirza Ananda dan Bapak Benny Rasyid selaku Direktur Utama dan General Manager Batari Tour And Travel untuk mendapat data yang valid sesuai dengan kenyataan di lapangan, studi pustaka sebagai bahan referensi dari sumber yang berbeda, dan studi dokumen berupa data arsip milik perusahaan.

Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa ticketing staff Batari Tour and Travel telah memberikan pelayanan terbaik dengan menerapkan prinsip service excellent secara maksimal sehingga memberikan dampak pada kepuasan dan kepercayaan para pelanggaan. Hal tersebut membuat banyak pelanggan berlangganan untuk kembali menggunakan jasa Batari Tour And Travel di kemudian hari. Selain itu beberapa kendala yang dialami oleh ticketing staff dalam memberikan pelayanan seperti kesalahan dalam penulisan identitas pelanggan, adanya gangguan sinyal yang buruk, trouble pada sistem maskapai, dan kendala yang datang dari pelanggan juga dapat teratasi dengan solusi terbaik yang efektif dan efisien.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan service excellent yang diberikan oleh ticketing staff Batari Tour And Travel sangat berpengaruh terhadap kepuasan dan kepercayaan dari pelanggan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang berlangganan memesan tiket di Batari Tour And Travel. meskipun demikian, ticketing staff Batari Tour And Travel tetap mengalami kendala dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan namun dapat teratasi dengan solusi yang bijak dan sesuai.

×
Penulis Utama : Ellen Tiara Jasmine Ardianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3219012
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Service Excellent oleh Ticketing Staff dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Batari Tour and Travel Sukoharjo
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS - Sekolah Vokasi, Usaha Perjalanan Wisata - B3219012 - 2022
Kata Kunci : Penerapan, Service Excellent, Ticketing Staff, Kepuasan Pelanggan
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST. Par., M.Sc.
Penguji : 1. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
2. Jimmi Sandi P, S.ST .Par., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.