Penulis Utama : Ahmad Baktiar Wahyu Kurniawan
NIM / NIP : D1519004
×

Ahmad Baktiar Wahyu Kurniawan. D1519004. Sistem Informasi Penilaian dalam Rangka Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Berupa Sewa Sebagian Tanah untuk Penempatan Ruang ATM pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret 2022. 62 Halaman.

 

Penilaian adalah proses kegiatan untuk memberikan suatu opini nilai atas suatu objek berupa Barang Milik Negara/Daerah pada saat tertentu. Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah (JFPP) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta melakukan Penilaian terhadap Barang Milik Negara (BMN) berupa sewa sebagian tanah untuk penempatan ruang ATM. Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah (JFPP) menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penilaian (SIP) sebagai alat bantu internal dalam pelaksanaan Penilaian Barang Milik Negara (BMN) dari Input Permohonan Penilaian hingga pada Rekap Hasil Penilaian pada Sistem Inndormasi Penilaian (SIP).

Jenis pengamatan dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan secara rinci dan detail mengenai Sistem Informasi Penilaian dalam Rangka Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Berupa Sewa Sebagian Tanah untuk Penempatan Ruang ATM pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta yang dituangkan dalam bentuk kalimat-kalimat sesuai fakta dalam pengamatan. Sedangkan, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, Sistem Informasi Penilaian dalam Rangka Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Berupa Sewa Sebagian Tanah untuk Penempatan Ruang ATM pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta sudah berjalan dengan baik, terbukti dengan adanya minimnya kendala dalam pelaksanaan Penilaian dalam rangka pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) berupa sewa sebagian tanah untuk penempatan ruang ATM, dimulai dari input data permohonan dan verifikasi kelengkapan permohonan, pembentukan Tim Penilai dan jadwal survei lapangan, pelaksanaan penilaian dengan survei lapangan, penyusunan laporan penilaian dengan analisis data terhadap objek pembanding, dan simpulan nilai untuk dijadikan laporan penilaian yang di input ke dalam Sistem Informasi Penilaian. Sebagai outputnya yaitu laporan penilaian berupa softfile yang akan dikirimkan kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menggunakan jaringan kemenkeu/email dan juga diberikan kepada Pemohon Peniaian berupa hardfile yaitu Salinan Laporan Penilaian, serta terdapat feedback yang didapatkan dari Sistem Informasi Penilaian dalam Rangka Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Berupa Sewa Sebagian Tanah untuk Penempatan Ruang ATM pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta.

 

Kata Kunci : Barang Milik Negara (BMN), Pemanfaatan, Sistem Informasi Penilaian (SIP)

×
Penulis Utama : Ahmad Baktiar Wahyu Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1519004
Tahun : 2022
Judul : SISTEM INFORMASI PENILAIAN DALAM RANGKA PEMANFAATAN BARANG MILIK NEGARA (BMN) BERUPA SEWA SEBAGIAN TANAH UNTUK PENEMPATAN RUANG ATM PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL) SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Barang Milik Negara (BMN), Pemanfaatan, Sistem Informasi Penilaian (SIP)
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arinta Kusumawardhani, S.AB., M.Si
Penguji : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
2. Arinta Kusumawardhani, S.AB., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.